KPU Kota Tanjung Balai Gelar Bimtek Terkait Pemungutan dan Penghitungan Suara Terhadap PPS se-Kota Tanjung Balai

KPU KOTA TANJUNG BALAI

Komisi Pemilihan Umum Kota Tanjung Balai Menggelar Bimbingan Teknis terkait Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS sesuai dengan Protokol Covid-19 pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjung Balai, di Aula Raja Bahagia Resto Tanjung Balai . Jumat, (27/11/2020).

Bimbingan Teknis tersebut diikuti 45 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS). Kegiatan itu dibuka langsung Ketua KPU Kota Tanjung Balai Luhut Parlinggoman Siahaan.

Dalam sambutannya, Luhut Parlinggoman Siahaan menyampaikan ada 12 Hal baru yang ada di Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang nantinya akan diterapkan dalam Pemilihan Serentak yang digelar pada hari Rabu, tanggal 9 Desember tahun 2020 mendatang, diantaranya Jumlah Pemilih di TPS maksimal 500 Orang, pengaturan kedatangan Pemilih ke TPS, Petugas KPPS sehat dan sudah mengikuti Rapid testpenyemprotan disinfektan di TPS serta pengaturan jarak. Pemilih dan Petugas wajib memakai masker, memakai pelindung wajah, memberikan sarung tangan plastik untuk Pemilih, tidak bersalaman, pengecekan suhu tubuh, wajib mencuci tangan dan sebagai tanda telah memilih tidak memakai tinta celup tetapi tinta tetes. 

“Kalau ada Pemilih yang suhu tubuhnya di atas 37,3 derajat celcius akan diarahkan memilih pada bilik suara khusus. Nantinya di masing-masing TPS terdapat 3 bilik suara yakni 1 bilik suara khusus dan 2 untuk bilik suara umum.” Pungkas Luhut Parlinggoman.

Selain itu, Muhammad Guntur selaku Divisi Teknis penyelenggara menambahkan terkait Tungsura dengan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap)  disertai dengan menunjukan cara menggunakannya, mulai dari mendownload aplikasi pada HP android dan langkah-langkah selanjutnya. Beliau juga membawa contoh formulir yakni Model C-KWK serta menjelaskan cara pengisiannya. “Walaupun penggunaan aplikasi Sirekap belum final akan digunakan dalam penghitungan Suara dalam Pilkada Serentak 2020, tapi KPU Kota Tanjung Balai mempunyai kewajiban untuk menyampaikannya kepada Badan Ad Hoc dan apabila nantinya akan jadi digunakan Penyelenggara sudah siap,” ungkapnya.

Print Friendly, PDF & Email

About Administrator

Check Also

SIARAN PERS RAPAT KOORDINASI DAFTAR PEMILIH BERKELANJUTAN TAHUN 2021 PERIODE BULAN JUNI

Font Resize
KONTRAS